081320452300
081320452300
2BCD80E2
indojamur
Menu
Ikuti Pelatihan Berbisnis Budidaya Jamur tiram...

Cara meningkatkan produktivitas jamur tiram

Produktivitas Jamur

Produktivitas Jamur tiram

Untuk cara meningkatkan produktivitas jamur tiram Di situs trubus-online.co.id pada tanggal 3 juni 2010 dimuat dengan judul:“Tiram Disuntik Jadi Produktif”, pada artikel tersebut, disebutkan ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mendongkrak/meningkatkan produksi jamur tiram diantara :

 Disuntik
Prof Dr Ir Agus Sugianto ST. MP. bukan seorang praktikus medis. Namun, sejak 2003 dekan Fakultas Pertanian Universitas Islam Malang itu akrab dengan alat suntik. Alat itu bukan untuk menyuntikkan obat kepada pasien, melainkan ramuan nutrisi ke dalam baglog jamur tiram.
Agus menyuntikkan 20 ml nutrisi yang terbuat dari larutan molase alias limbah pengolahan gula. Satu mililiter molase dengan kadar gula rata-rata 30 – 40% dilarutkan dalam 100 ml air atau konsentrasi 1%. Agus juga menambahkan ragi, vitamin, dan protein untuk memacu pertumbuhan. Setelah itu, bibit jamur tiram diinokulasikan ke dalam media, lalu disimpan di ruang inkubasi. Pada 30 hari pascaperlakuan, baglog berbobot 1,5 kg itu sudah bisa dibuka untuk menumbuhkan tubuh buah, biasanya 45 hari. Karena masa produksi lebih awal, maka jumlah jamur yang dipanen hingga akhir produksi (biasanya 6 bulan, red) lebih tinggi. ‘Pengalaman pekebun hasil panen meningkat hingga 68,7%,’ katanya.
Menurut Agus, sel-sel pada jamur tiram memerlukan karbon berantai 6 (C6) untuk pertumbuhan. Kebutuhan karbon itu memang bisa dipenuhi dengan mengurai serbuk kayu dan dedak yang menjadi bahan utama media jamur. Sayang, ‘Susunan karbon serbuk kayu masih terlalu kompleks sehingga butuh waktu lebih lama hingga siap dimanfaatkan,’ ujar Agus. Dengan ramuan itu, Agus memberikan karbon dari gula reduksi yang lebih sederhana sehingga lebih cepat dimanfaatkan untuk pertumbuhan jamur. 
Penyutikan nutrisi ini bisa dilakukan secara berkala, pada dasarnya pertumbuhan jamur membutuhkan nutrisi untuk pertumbuhannya sehingga produktivitas jamur meningkat sehingga produksi budidaya bisa tercapai.
penyutikan nutrisi ini bisa dilakukan dengan menambahkan manfaat air dari kelapa sebagai tambahan nutrisi, air kelapa mengandung zat-zat yang sangat baik untuk di serap oleh jamur , nutrisi yang terkandung dalam air kelapa mampu meningkatkan produktivitas hasil panen budidaya jamur, ini bisa dilakukan secara berkala juga.