081320452300
081320452300
2BCD80E2
indojamur
Menu
Ikuti Pelatihan Berbisnis Budidaya Jamur tiram...

Cara Mudah Dan Murah Budidaya Jamur Tiram

Cara mudah dan murah budidaya jamur tiram

Kenapa dikatakan cara mudah dan murah budidaya jamur tiram ? Karena untuk budidaya kita bisa menggunakan peralatan yang murah di banding menggunakan peralatan industri budidaya jamur, ini cocok untuk budidaya jamur bagi pemula di mana belum cukup pengelaman dalam memproduksi baglog namun cara ini cukup efektif di mana secara permodalan pun kita bisa menggunakan biaya sekitar Rp 2 juataan.

Untuk budidaya jamur kita memerlukan pengukusan sebagai proses mempercepat pelapukan,  alat kukusan biasanya di hargai Rp 15 juta sampai Rp 25 juta tergantung bahan yang digunakan dan kapasitas pengukusan biasanya bisa digunakan untuk pengukusan 1000 log, namun di sini kita bisa menggunakan drum kecil yang dengan mudah kita dapatkan dengan kapasitas hingga 120 baglog untuk ukuran plastik baglog 20, dan campuran untuk media tidak perlu sekaligus bisa dilakukan secara bertahap sehingga pengerjaan bisa dilakukan sendiri.

Dalam pembelian mediapun , seperti serbuk kayu dll, bisa dilakukan secara bertahap sesuai dengan badgeting yang kita miliki, namun dengan pembelian media di bawah Rp 1 juta sudah bisa digunakan untuk produksi baglog karena untuk campuran 4 karung serbuk kayu bisa langsung di kukus dengan drum tidak perlu membuat campuran sekaligus untuk ribuan log.

Untuk pengkusan kita bisa menggunakan kayu bakar untuk lebih hemat, dalam metode pengkusan kita bisa menggunakan system pengukusan langsung atau dengan penembakan uap panas, dalam proses ini yang kita butuhkan adalah pasterisasi yang mana serbuk kayu benar-benar matang kuncinya tentu ada pada pengapian tidak boleh terlalu panas atau pun kurang panas.

Untuk ruangan kita bisa menggunakan ruang-ruang yang tidak terpakai sepeti Gudang, sisa tanah di samping rumah , garasi, halaman, tidak mesti memerlukan lahan yang luas, tenaga kerja pun kita bisa menggunakan satu orang atau kita sendiri melakukan proses pengerjaannya.

Dengan metode ini budidaya jamur bisa dilakukan dengan tempat dan modal terbatas , jika sudah mengetahui kunci suksesnya maka kita bisa lakukan dengan beberapa drum pengukusan dengan kapasitas media di perbanyak sesuai kebutuhan pengukusan. selamat mencoba!