081320452300
081320452300
2BCD80E2
indojamur
Menu
Ikuti Pelatihan Berbisnis Budidaya Jamur tiram...

Khasiat Jamur Ling-zhi

jamur-lingzhiJulukan Raja Obat Herbal bagi jamur Ling Zhi memang tidak salah karena Khasiat Jamur Ling-zhi banyak manfaatnya. Anggota keluarga jamur Basidio ini memiliki segudang senyawa yang berkhasiat bagi kesehatan manusia, dengan komposisi yang tepat dan lengkap. Banyak penelitian ilmiah dilakukan dan hasilnya menunjukkan khasiat ling zhi bukan mitos, melainkan sesuatu yang teruji secara ilmiah dan klinis.

Terdapat lebih dari 300 laporan penelitian terhadap kandungan ling zhi. Di dalam jamur ling zhi, terutama pada bagian tubuh (buah) jamur, miselia, dan spora terkandung sekitar 400 senyawa bioaktif yang berbeda. Pada umumnya, senyawa tersebut merupakan senyawa triterpenoid, polisakarida, nukleotida, sterol, steroid, asam lemak, protein/peptide, dan elemen mikro. Semua senyawa ini berkhasiat bagi kesehatan manusia, baik sebagai antioksidan, antibiotic, maupun suplemen.

  1. Triterpen (senyawa Terpenoid)

Triterpen merupakan senyawa di dalam ling zhi yang terpenting. Jenisnya pun snagat banyak, setidaknya terdapat 140 macam triterpen di dalam ling zhi. Senyawa triterpen yang paling banyak adalah asam ganoderic, yang memiliki rasa pahit atau getir. Selain asam ganoderic, jenis triterpen yang lain adalah asam ganosporeric, yang hanya terdapat pada spora ling zhi saja.

Spora ling zhi merupakan bagian yang paling berkhasiat, karena spora mengandung paling banyak asam ganoderic dan tentu saja mengandung asam ganosporeric. Secara umum, triterpen di dalam ling zhi digolongkan menjadi 10 kelompok berdasarkan kesamaan struktur kimiawinya. Masing-masing kelompok triterpen ini memiliki khasiat yang berbeda.

  1. Polisakarida (Karbohidrat)

Senyawa polisakarida yang terkandung di dalam ling zhi setidaknya ada 100 jenis, yang tersebar pada tubuh buah, spora, dan miselia. Seperti halnya triterpen, polisakarida di dalam ling zhi juga merupakan bahan aktif untuk pengobatan.

Beberapa jenis polisakarida yang terdapat dalam ling zhi, antara lain beta-D-glucans, heteropolisakarida, dan glikoprotein. Ketiganya merupakan motor aktivitas biologis jamur ling zhi. Dan tentu saja, di dalam tubuh manusia, ketiganya akan menjadi senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan.

  1. Protein

Berbagai jenis protein dan asam amino terdeteksi di dalam tubuh buah, spora, dan miselia ling zhi. Salah satu jenisnya adalah LZ-8. Protein ini terbukti dapat membantu memperbaiki sel-sel ginjal dan limfosit.

  1. Senyawa Lain

Selain makronutrien di atas, terdapat senyawa mikro seperti sterol, asam amino, protein larut, asam oleat, serta berbagai mineral seperti Mg, Ca, Zn, Mn, Fe, Cu, dan Ge. Khusus pada spora juga mengandung choline, betaine, asam tetracosanoic, asam stearat, ergosterol, dan beta sitosterol.

Mikronutrien ini tidak kalah penting dibandingkan makronutrien, meskipun khasiat mikronutrien ini tergantung pada mikronutrien yang lain atau bahkan makronutrien. Hal ini dapat diibaratkan seperti halnya tubuh manusia yang tidak akan dapat berjalan tanpa adanya sendi. Padahal sendi sendiri hanya merupakan bagian kecil pada rangka manusia.

Berbagai kandungan di dalam ling zhi, baik makro maupun mikronutrien, baik yang berasal dari tubuh buah, spora, atau miselia (jarang digunakan kecuali pada perusahaan obat herbal skala besar) memiliki manfaat bagi kesehatan manusia. Ling zhi merupakan obat herbal yang dapat menjaga kesehatan, serta mencegah dan mengatasi berbagai macam penyakit. Manfaat ling zhi bagi kesehatan ini telah dirasakan selama ribuan tahun.

Source : Ling Zhi, langkah Tepat Usaha Jamur Berkhasiat Obat. Warisno & Kres Dahana.Gramedia Pustaka Utama